Selamat Berkunjung di Blog Jendela Ilmu Pendidikan, Silahkan like dan Menjadi Pengikut di Blog Kami Agar Mendapatkan Info Seputar Pendidikan Terbaru (^_^)

Cara Masuk Dalam Calon Penerima NUPTK Di Verval PTK/GTK Terbaru

Salam Sejahtera Dan Salam pendidikan
Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan sebuah informasi bagaimana cara masuk Calon Penerima  NUPTK Di Verval PTK/GTK terbaru.

Pada akhir akhir ini penerbitan NUPTK hampir tidak terdengar kabar beritanya. Memang telah kita ketahui bersama bahwa penerbitan NUPTK saat ini melalui Verivikasi dan Validasi data PTK di portal resmi DI SINI. Jika data PTK telah valid maka akan otomatis masuk dalam menu Calon Penerima NUPTK, Namun walaupun data telah valid tapi tidak juga ada kepastian kapan akan mencadi calon penerima NUPTK.

Akhirnya, yang ditunggu-tunggu muncul juga. Kini PTK yang belum memiliki NUPTK dan telah valid datanya sudah otomatis berada di menu calon penerima NUPTK. Langkah selanjutnya yakni melakukan Upload Dokomen yang menjadi persyaratan sesuai dengan Status PTK dan fungsinya masing-masing PTK di satmikalnya. Tentu, PTK yang menjadi calon penerima NUPTK harus diberi informasi ini terlebih dahulu supaya mereka mempersiapkan dokumen syarat-syarat yang diperlukan, karena yang memiliki akses ke verval PTK kan hanya operator sekolah sehingga PTK yang belum memiliki NUPTK tidak akan tahu jika mereka sebagai kandidat calon penerima NUPTK jika tidak kita beritahu.

Setelah itu baru kita lakukan Upload Dokumen persyaratan tersebut di verval PTK. Berikut tampilan verval PTK guna keperluan upload dokumen calon penerima NUPTK.

  • Pertama, tentu kita harus login dahulu di portal verval PTK DI SINI
  • Kedua, setelah berhasil login langsung saja menuju menu NUPTK – Calon Penerima NUPTK. Seperti berikut ini.

  • Ketiga,  Silahkan pilih salah satu PTK lalu klik tombol Upload Documen maka akan tampil berbagai macam dokumen yang harus di Unggah. Seperti berikut:

PTK Non PNS
Scan KTP
Scan SK GTT (Kepala Daerah) SK GTY bagi sekolah swasta
Scan Ijazah SD
Scan Ijazah SMP
Scan Ijazah SMA / SMK
Scan Ijazah S1 / D4

PTK CPNS / PNS
Scan KTP
Scan SK CPNS / PNS
Scan Surat Penugasan Dinas (SPMT)
Scan Ijazah SD
Scan Ijazah SMP
Scan Ijazah SMA / SMK
Scan Ijazah S1/ D4


  • Terakhir, Perlu diingat bahwa seluruh dokumen di atas adalah hasil scan dokumen asli, Identitas pada dokumen hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas, sebaiknya tiap dokumen diberi nama yang sesuai, seluruh dokumen yang di unggah dalam bentuk PDF, sehingga jika hasil scan berupa gambar harus di convert terlebih dahulu ke PDF. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah jika menggunakan Office 2010 ke atas, cukup masukkan gambar ke word lalu save as pdf. 


Jika seluruh dokumen telah siap maka akhiri proses ini dengan menekan tombol Upload Dokumen, maka proses telah selesai. Selanjutnya yang bisa operator lakukan hanya memantau perkembangan data verval PTK. Mudah-mudahan segera terbit NUPTK-nya.

Sumber : dejarfa.com

Demikian yang dapat admin bagikan mengenai cara Masuk Dalam Calon Penerima NUPTK Di Verval PTK/GTK Terbaru mudah mudahan dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat dan dapat membantu para operator maupun para guru dan jangan lupa di bagikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Masuk Dalam Calon Penerima NUPTK Di Verval PTK/GTK Terbaru"

Posting Komentar