Salam sejahtera dan Salam pendidikan.pada kesempatan kali ini admin akn membagikan sebuah informasi tentang peningkatan kualitas guru sertifikasi oleh kemendikbud, kualitas guru menjadi salah satu sorotan Pemerintah saat ini, karena sangat membawa pengaruh besar terhadap kualitas peserta didik dan kualitas pendidikan secara umum. Terkait dengan hal ini, sinarberita.com kembali akan membagikan berita terkini seputar pembahasan kualitas guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik yang profesional.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, melakukan kunjungan kerja ke provinsi Lampung, Sabtu (19/11). Mendikbud mengunjungi beberapa sekolah di kota Metro yang dikenal sebagai Kota Pendidikan itu sebelum akhirnya hadir di kampus Universitas Muhammadiyah (UM) Metro untuk memberi Tausyiah Kebangsaan dalam rangka Milad Muhammadiyah ke-107. di aula SMKN 2 Metro, di depan ratusan guru, kepala sekolah dan kepala dinas pendidikan se-provinsi Lampung, Mendikbud memberikan ceramah tentang empat prioritas kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai amanah Presiden Joko Widodo.
Dan baca informasi lainya :
Sedangkan di UM Metro Mendikbud berbicara tentang tantangan kebangsaan yang menghadapi kebinekaan dan perlunya Muhammadiyah mengambil peran strategis untuk membangun dunia pendidikan, Dalam dua kesempatan terpisah tersebut, Mendikbud menyerukan untuk kembali kepada karakter bangsa, yakni gotong royong dan budaya saling menghormati., Empat prioritas yang ditekankan Mendikbud dalam waktu-waktu terakhir ini yakni tentang tentang penguatan peran guru, revitalisasi SMK, distribusi Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan penguatan pendidikan karakter, "Sertifikasi guru tetap jalan, jangan percaya isu yang mengatakan pemerintah menghentikan tunjangan profesi guru. Yang ada adalah memperbaiki kualitas guru, apalagi untuk yang sudah tersertifikasi," tegas Mendikbud.
Guru, kata Mendikbud, memiliki posisi strategis dalam membentuk karakter anak-anak didiknya, selain keluarga dan masyarakat. Di tangan guru-lah kurikulum yang sebenarnya ditumpukan. Namun disayangkan problematika yang dihadapi guru nampaknya semakin berat. Beban guru menghadapi perubahan zaman yang berpengaruh padaperilaku anak-anak perlu dihadapi dengan pendekatan tersediri, yakni pendidikan karakter yang baik. "Saya melihat ada gejala memudarnya marwah dan wibawa para guru, memudarnya rasa hormat kepada guru dari pihak murid. Hal ini tidak boleh berlangsung terus tanpa ada upaya untuk mengembalikannya. Gejala tersebut hanya semakin meneguhkan keyakinan saya bahwa pendidikan karakter harus betul-betul dijadikan landasan pendidikan kita terutama pada jenjang pendidikan dasar," kata Mendikbud.
Lebih lanjut, Mendikbud menyerukan agar semua pihak secara gotong royong terlibat dalam pendidikan, terutama untuk membangun landasan karakter pada pendidikan dasar. Di satu sisi, guru sebagai pilar utama harus bekerja lebih keras lagi, di sisi lain kita harus kembali mengangkat marwah guru dengan menghormati mereka,"Saya menyerukan kepada semua pihak untuk kembali menghormati guru, sebab tidak ada orang sukses tanpa sentuhan seorang guru," seru Mendikbud yang mengaku berasal dari keluarga guru. Seperti diketahui ayah Muhadjir adalah seorang guru yang juga kepala SD, demikian pula kakak-kakaknya.
Sementara itu, di hadapan ribuan pimpinan dan warga Muhammadiyah di UeM Metro, Muhadjir, kembali menegaskan pentingnya membangun kebersamaan, gotong royong. Sebagai negara besar yang keragamannya tiada duanya di dunia, kata Mendikbud, Indonesia tidak mungkin dibangun sendiri oleh satu-dua kelompok saja. Untuk itu Muhammadiyah harus membangun sinergi dan terbuka untuk bekerjasama dengan pihak lain.
"Ini telah menjadi karakter Muhammadiyah sejak awal, yakni inklusif, dapat menerima dan bekerja sama dengan siapa saja. Sejak dulu sekolah-sekolah Muhammadiyah bisa menerima murid-murid dari kalangan NU, Nasrani, Katolik, dan lain sebagainya. Ini sangat baik untuk membiasakan anak-anak kita hidup dalam perbedaan dan membangun karakter nasionalis," tutur mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.
Mendikbud mengutip visi Trisakti Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, yakni berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Kemdikbud memiliki tugas berat terutama pada point ke tiga, yakni berkepribadian dalam kebudayaan. "Memperhatikan kasus-kasus memprihatinkan yang beredar di media sosial akhir-akhir ini, saya berpandangan bahwa karakter gotong royong dan rasa hormat kita kepada guru dan orang tua mendesak kita bangun kembali," ungkap Mendikbud.
Sumber : sinarberita.com
Demikian yang dapat admin bagikan mengenai informasi tentang peningkatan kualitas guru sertifikasi semoga dengan informasi ini bisa menambah informasi bagi guru guru sertifikasi khususnya. dan jangan lupa di bagikan.
0 Response to "MENDIKBUD SEGERA TINGKATKAN KUALITAS GURU SERTIFIKASI"
Posting Komentar